Pages

Wednesday, 6 May 2020

Seni.Materi ke-1 Sem Gasal

KEGIATAN PERKENALAN, KONTRAK PEMBELAJARAN DAN SOSIALISASI PEMANFAATAN LMS DALAM PEMBELAJARAN

  • Assalamualaikum.Wr.Wb para peserta didik.
  • Pada pertemuan perdana kali ini, pak guru akan membimbing kegiatan perkenalan, menyampaikan kontrak belajar dan sosialisasi pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis blog pribadi pak guru.
  • Sesi pertama, silahkan tiap-tiap peserta didik memperkenalkan dirinya masing-masing.
  • Sesi kedua adalah kontrak belajar.
  • dan sesi ketiga yaitu sosialisasi penggunaan LMS, sebagi berikut;
Pengertian Learning Management System (LMS) secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Sistem LMS ini bisa membantu para pengajar atau guru untuk merencanakan dan menyampaikan silabus, RPP, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas peembelajaran peserta didik, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi dan melakukan kuis. Untuk LMS yang pak guru rancang, seperti halnya yang tampil di bawah ini:


LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Pentunjuk Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran:

  • Jika pembelajaran akan dilaksanakan secara daring/ on-line, dimana guru tidak hadir bertatap muka secara langsung di dalam kelas, maka sebelum menggunakan Learning Management System (LMS) ini, silahkan pahami dulu petunjuk penggunaannya: (KLIK DI SINI!)
  • Namun, jika pembelajaran dilaksanakan secara offline, dimana guru datang dan bertatap muka secara langsung di kelas, maka peserta didik silahkan mengikuti instruksi dari guru. Pembelajaran dapat dikemas full off-line ataupun kolaboratif (off-line dikolaborasikan dengan on-line)

Link Menuju Room Web Meeting (dapat diakses apabila pembelajaran dilaksanakan secara daring):

  1. Terkait informasi dan koordinasi (ada tidaknya agenda kegiatan tatap muka secara daring) akan diumukan melalui group Whatsapp kelas.
  2. Jika link di bawah ini belum bisa diakses, maka dipastikan belum ada kegiatan sikronus.

    • Link Zoom Meeting: (KLIK DI SINI!)
    • Link Google Meeting: (KLIK DI SINI!)


KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Orientasi:


B. Presensi Kehadiran

Guru menanyakan kehadiran peserta didik dan meminta pada para peserta didik untuk segera mengisi presensi melalui tautan google form.

  1. Untuk melakukan presensi kehadiran, setiap peserta didik silahkan mengisi daftar hadir dengan cara: (KLIK DI SINI!)
  2. Hasil presensi kehadiran peserta didik: (KLIK DI SINI!)
  3. Bagi peserta didik yang izin, silahkan tetap mengisi form presensi dan menyampaikan alasan ketidakhadirannya, serta mengunggah surat izin tertulis atau surat tugas mengikuti kegiatan: (KLIK DI SINI!)


C. Apersepsi:

  • Undian peserta didik yang terpilih menjadi partisipan ice breaking: (KLIK DI SINI!)
  • Untuk memulai aktifitas ice breaking silahkan: (KLIK DI SINI!)
  • Karena hari ini merupakan pertemuan pertama, maka pak guru akan menyampaikan kontrak pembelajaran.
  • Untuk materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu, dapat dilihat pada halaman "Katalog Materi Pembelajaran": (KLIK DI SINI!)
  • Stimulus permasalahan: (KLIK DI SINI!)


D. Tema Materi Pembelajaran:

  • Berdasarkan time schadule dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah Pak Guru susun, pada kesempatan kali ini kita akan belajar dengan tema: ".............................."


E. Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami konsep .............................

4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep .............................


F. Indikator Pencapaian Kompetensi:

3.3.1 Memahami .............................

3.3.2 Memahami .............................

3.3.2 Memahami .............................


4.1.1 Menyajikan secara tertulis kesimpulan tentang .............................


G. Tujuan Pembelajaran:

Melalui tatap muka virtual dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran di LMS, pengamatan dan diskusi menggali informasi dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning:

  1. Setelah menggali informasi dengan mengamati dan mempelajari gambar, video pembelajaran maupun bacaan (handout) yang disediakan oleh guru maupun bacaan (handout) yang disediakan oleh guru, peserta didik diharapkan mampu  menganalisis (C4) .............................. (Materi HOTS)
  2. Setelah menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu menganalisis (C4)  konsep ............................. dengan penuh bijaksana.
  3. Setelah menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu menganalisis (C4)  konsep ............................. dengan penuh bijaksana.
  4. Dengan menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu membuat tulisan (P5) dan kesimpulan tentang konsep ..............................


H. Materi Pelajaran:

-

I. Power point Materi:

-


J. Video Pembelajaran:

1. Materi "............................." (KLIK DI SINI!)

2. Materi "............................." (KLIK DI SINI!)


K. Game Edukasi:

-

L. Kegiatan Diskusi dan Penilaian (Asesmen Pembelajaran)

  1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
  2. Tugas LKPD kelompok (KLIK DI SINI!)
  3. Link masuk secara otomatis ke dalam group Whatsapp tiap-tiap kelompok diskusi (khusus pada saat pembelajaran daring):
    • Kelompok 1: (KLIK DI SINI!)
    • Kelompok 2: (KLIK DI SINI!)
    • Kelompok 3: (KLIK DI SINI!)
    • Kelompok 4: (KLIK DI SINI!)
  4. Peserta didik mempresentasikan hasil dikusi kelompoknya dengan teman-teman kelompok lain.
  5. Kegiatan diskusi dipandu oleh guru.
  6. Soal pilihan ganda (KLIK DI SINI!)


M. Kegiatan Refleksi Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, masing-masing peserta didik diminta untuk menyampaikan (up-load) materi dan pengalaman baru apa saja yang telah didapatkan maupun dipahami dari adanya pertemuan pembelajaran kali ini! (KLIK DI SINI!)


N.  Kegiatan Pengumpulan Tugas

Setelah peserta didik selesai mengerjakan tugas (individu maupun kelompok), silahkan unggah hasil pekerjaan kalian, sesuai batas waktu maksimal yang telah ditentukan oleh guru.


O. Materi Pertemuan yang Akan Datang

Untuk materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, dapat dilihat pada halaman "Katalog Materi Pembelajaran": (KLIK DI SINI!)




1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete