LEARNING MANAGEMENT SYSTEM
Pentunjuk Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran:
- Jika pembelajaran akan dilaksanakan secara daring/ on-line, dimana guru tidak hadir bertatap muka secara langsung di dalam kelas, maka sebelum menggunakan Learning Management System (LMS) ini, silahkan pahami dulu petunjuk penggunaannya: (KLIK DI SINI!)
- Namun, jika pembelajaran dilaksanakan secara offline, dimana guru datang dan bertatap muka secara langsung di kelas, maka peserta didik silahkan mengikuti instruksi dari guru. Pembelajaran dapat dikemas full off-line ataupun kolaboratif (off-line dikolaborasikan dengan on-line)
Link Menuju Room Web Meeting (dapat diakses apabila pembelajaran dilaksanakan secara daring):
- Terkait informasi dan koordinasi (ada tidaknya agenda kegiatan tatap muka secara daring) akan diumukan melalui group Whatsapp kelas.
- Jika link di bawah ini belum bisa diakses, maka dipastikan belum ada kegiatan sikronus.
- Link Zoom Meeting: (KLIK DI SINI!)
- Link Google Meeting: (KLIK DI SINI!)
A. Orientasi:
- Assalamualaikum Wr.Wb.
- Selamat siang para peserta didik kelas X!
- Sebelum memulai kegiatan pembelajaran pada siang hari ini, marilah kita berdoa terlebih dahulu.
- Apa kabar hari ini anak-anak? Bagaimana kondisi kesehatan kalian saat ini? Pak Guru senantiasa berdoa agar kalian senantiasa sehat dan penuh berkah.
- Menanyakan kesepakatan kelas. (KLIK DI SINI!)
B. Presensi Kehadiran
Guru menanyakan kehadiran peserta didik dan meminta pada para peserta didik untuk segera mengisi presensi melalui tautan google form.
- Silahkan melakukan presensi: (KLIK DI SINI!)
C. Apersepsi:
- Motivasi. dengankegiatan ice breaking.
- Undian peserta didik yang terpilih menjadi partisipan ice breaking: (KLIK DI SINI!)
- Untuk memulai aktifitas ice breaking silahkan: (KLIK DI SINI!)
- Pak guru harap kalian masih ingat dengan materi yang kita bahas pada pertemuan sebelumnya ya! Siapa yang masih ingat materi pembelajarannya?
- Untuk materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu, dapat dilihat pada halaman "Katalog Materi Pembelajaran": (KLIK DI SINI!)
- Stimulus permasalahan: (KLIK DI SINI!)
D. Tema Materi Pembelajaran:
- Penyampaian materi.
- Berdasarkan time schadule dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah Pak Guru susun, pada kesempatan kali ini kita akan belajar dengan tema: "Teori-teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu ke Indonesia".
- Beragam literatur media pembelajarn dapat diakses pada LMS.
- Tahapan berbagi literatur.
- Berlanjut ke sesi diskusi.
F. Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.3.1 Menganalisis proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu di Indonesia.
- 3.3.1.1 Menelaah teori Ksatria.
- 3.3.1.2 Menelaah teori Waisya.
- 3.3.1.3 Menelaah teori Brahmana.
- 3.3.1.4 Menelaah teori Arus Balik.
4.3.1 Membuat tulisan tentang
berbagai teori mengenai
proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu.
- 4.3.1.1 Menyajikan definisi teori Ksatria.
- 4.3.1.2 Menyajikan definisi teori Waisya.
- 4.3.1.3 Menyajikan definisi teori Brahmana.
- 4.3.1.4 Menyajikan definisi Arus Balik.
G. Tujuan Pembelajaran:
Melalui tatap muka virtual dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran di LMS, pengamatan dan diskusi menggali informasi dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning:
- Setelah menggali informasi dengan mengamati dan mempelajari gambar, video pembelajaran maupun bacaan (handout) yang disediakan oleh guru maupun bacaan (handout) yang disediakan oleh guru, peserta didik diharapkan mampu menganalisis menganalisis (C4) berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu ke Indonesia dengan penuh percaya diri. (Materi HOTS)
- Dengan menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu membuat tulisan (P5) tentang berbagai teori mengenai proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dengan penuh tanggung jawab.
- Setelah menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu menganalisis (C4) tentang pengaruh masuknya agama dan kebudayaan. Hindu terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam hal budaya dengan penuh bijaksana.
- Dengan mempresentasikan hasil diskusi peserta didik dapat membuat kesimpulan (P5) tentang teori yang paling mendekati benar terkait dengan teori-teori masuknya agama Hindu di Indonesia dengan jujur.
Dalam pembelajaran kali ini nanti, Pak Guru akan membagi kelas menjadi beberapa kelompok diskusi, dengan harapan para peserta didik dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
>>PENYAMPAIAN MATERI
H. Materi Pelajaran:
- Sejarah Lahirnya Agama Hindu di India (KLIK DI SINI!)
- Teori-teori masuknya agama Hindu ke Indonesia (KLIK DI SINI!)
- Pengaruh Masuknya Agama Hindu ke Indonesia Sampai Dengan Sekarang (KLIK DI SINI!)
I. Power point Materi:
Power point materi "Teori-teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu ke Indonesia" (KLIK DI SINI!)
>>SILAHKAN BERBAGI SUMBER BELAJAR
J. Video Pembelajaran:
1. Materi "Lahirnya Agama Hindu di India" (KLIK DI SINI!)
2. Materi "Lahirnya Agama Buddha di India" (KLIK DI SINI!)
3. Materi "Teori-teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu ke Indonesia" (KLIK DI SINI!)
K. Game Edukasi:
- Silahkan mainkan permainan edukasi "Teka-teki Silang" ini melalui gadget maupun laptop/PC kalian. (KLIK DI SINI!)
- Sebelum masing-masing peserta didik memulai permainan, guru akan memberikan penjelasan cara bermainnya.
L. Kegiatan Diskusi dan Penilaian (Asesmen Pembelajaran)
- Sesi diskusi dan tanya jawab.
- Hierarki dalam kasta?
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Sesi pengelompokan.
- Mengapa agama Hindu dapat masuk ke Indonesia?
- Teori manakah yang menurut kalian paling kuat menyatakan proses masuknya agama Hindu Buddha di Indonesia?
- Tugas dapat diekspresikan melalui beragam karya misalnya;
- Infografis, (KLIK DI SINI!)
- poster, (KLIK DI SINI)
- karikatur, (KLIK DI SINI)
- video pembelajaran dan lain sebagainya.
- Tugas LKPD kelompok (KLIK DI SINI!)
- Link masuk secara otomatis ke dalam group Whatsapp tiap-tiap kelompok diskusi (khusus pada saat pembelajaran daring):
- Kelompok 1: (KLIK DI SINI!)
- Kelompok 2: (KLIK DI SINI!)
- Kelompok 3: (KLIK DI SINI!)
- Kelompok 4: (KLIK DI SINI!)
- Peserta didik mempresentasikan hasil dikusi kelompoknya dengan teman-teman kelompok lain.
- Kegiatan diskusi dipandu oleh guru.
- Soal pilihan ganda (KLIK DI SINI!)
M. Kegiatan Penutup dan Refleksi Pembelajaran
- Bertanya?
- Kendala?
- Apresiasi.
- Bagi kelompok yang belum presentasi hari ini, diharap untuk siap melakukan presentasi pada pertemuan berikutnya.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, masing-masing peserta didik diminta untuk menyampaikan (up-load) materi dan pengalaman baru apa saja yang telah didapatkan maupun dipahami dari adanya pertemuan pembelajaran kali ini! (KLIK DI SINI!)
N. Kegiatan Pengumpulan Tugas
Setelah peserta didik selesai mengerjakan tugas (individu maupun kelompok), silahkan unggah hasil pekerjaan kalian, sesuai batas waktu maksimal yang telah ditentukan oleh guru.
- Unggah tugas : (KLIK DI SINI!)
O. Materi Pertemuan yang Akan Datang
Untuk materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, dapat dilihat pada halaman "Katalog Materi Pembelajaran": (KLIK DI SINI!)
No comments:
Post a Comment