LEARNING MANAGEMENT SYSTEM
Pentunjuk Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran:
- Jika pembelajaran akan dilaksanakan secara daring/ on-line, dimana guru tidak hadir bertatap muka secara langsung di dalam kelas, maka sebelum menggunakan Learning Management System (LMS) ini, silahkan pahami dulu petunjuk penggunaannya: (KLIK DI SINI!)
- Namun, jika pembelajaran dilaksanakan secara offline, dimana guru datang dan bertatap muka secara langsung di kelas, maka peserta didik silahkan mengikuti instruksi dari guru. Pembelajaran dapat dikemas full off-line ataupun kolaboratif (off-line dikolaborasikan dengan on-line)
Link Menuju Room Web Meeting (dapat diakses apabila pembelajaran dilaksanakan secara daring):
- Terkait informasi dan koordinasi (ada tidaknya agenda kegiatan tatap muka secara daring) akan diumukan melalui group Whatsapp kelas.
- Jika link di bawah ini belum bisa diakses, maka dipastikan belum ada kegiatan sikronus.
- Link Zoom Meeting: (KLIK DI SINI!)
- Link Google Meeting: (KLIK DI SINI!)
A. Orientasi:
- Assalamualaikum Wr.Wb.
- Selamat siang para peserta didik kelas X!
- Sebelum memulai kegiatan pembelajaran pada siang hari ini, marilah kita berdoa terlebih dahulu.
- Apa kabar hari ini anak-anak? Bagaimana kondisi kesehatan kalian saat ini? Pak Guru senantiasa berdoa agar kalian senantiasa sehat dan penuh berkah.
- Melantunkan yel-yel (Slogan Sekolah)
- Jangan lupa senantiasa untuk menegakan protokol kesehatan kapan pun dan dimanapun kita berada.
- Mengecek kondisi koneksi internet masing-masing peserta didik: (KLIK DI SINI!)
B. Presensi Kehadiran
Guru menanyakan kehadiran peserta didik dan meminta pada para peserta didik untuk segera mengisi presensi melalui tautan google form.
- Silahkan melakukan presensi: (KLIK DI SINI!)
C. Apersepsi:
- Undian peserta didik yang terpilih menjadi partisipan ice breaking: (KLIK DI SINI!)
- Untuk memulai aktifitas ice breaking silahkan: (KLIK DI SINI!)
- Selanjutnya, pak guru ingin tau nih..masih adakah diantara kalian yang ingat materi pada kegiatan pembelajaran sebelumnya?
- Untuk materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu, dapat dilihat pada halaman "Katalog Materi Pembelajaran": (KLIK DI SINI!)
- Stimulus permasalahan: (KLIK DI SINI!)
D. Tema Materi Pembelajaran:
- Berdasarkan time schadule dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah Pak Guru susun, pada kesempatan kali ini kita akan belajar dengan tema: "Cara Berpikir Sejarah"
F. Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.3.1 Memahami cara berpikir kronologis dalam mempelajari sejarah
3.3.2 Memahami cara berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah
3.3.2 Memahami cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
4.1.1 Menyajikan secara tertulis kesimpulan tentang konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah
G. Tujuan Pembelajaran:
Melalui tatap muka virtual dan menyelesaikan aktivitas pembelajaran di LMS, pengamatan dan diskusi menggali informasi dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning:
- Setelah menggali informasi dengan mengamati dan mempelajari gambar, video pembelajaran maupun bacaan (handout) yang disediakan oleh guru maupun bacaan (handout) yang disediakan oleh guru, peserta didik diharapkan mampu menganalisis menganalisis (C4) konsep cara berpikir kronologis dalam mempelajari sejarah. (Materi HOTS)
- Setelah menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu menganalisis (C4) konsep cara berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah dengan penuh bijaksana.
- Setelah menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu menganalisis (C4) konsep cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah dengan penuh bijaksana.
- Dengan menggali informasi, peserta didik diharapkan mampu membuat tulisan (P5) dan kesimpulan tentang konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah.
H. Materi Pelajaran:
- Konsep Dasar Sejarah (Cara berpikir sinkronik, diakronik, konsep manusia, konsep ruang dan konsep waktu dalam Sejarah) (KLIK DI SINI!)
I. Power point Materi:
Power point materi "Konsep Dasar Sejarah (Cara berpikir sinkronik, diakronik, konsep manusia, konsep ruang dan konsep waktu dalam Sejarah)" (KLIK DI SINI!)
J. Video Pembelajaran:
1. Materi "Pengertian Sejarah" (KLIK DI SINI!)
2. Materi "Konsep Manusia,Ruang dan Waktu dalam Pembelajaran Sejarah" (KLIK DI SINI!)
K. Game Edukasi:
- Silahkan mainkan permainan edukasi "Teka-teki Silang" ini melalui gadget maupun laptop/PC kalian. (KLIK DI SINI!)
- Sebelum masing-masing peserta didik memulai permainan, guru akan memberikan penjelasan cara bermainnya.
L. Kegiatan Diskusi dan Penilaian (Asesmen Pembelajaran)
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Tugas LKPD kelompok (KLIK DI SINI!)
- Link masuk secara otomatis ke dalam group Whatsapp tiap-tiap kelompok diskusi (khusus pada saat pembelajaran daring):
- Kelompok 1: (KLIK DI SINI!)
- Kelompok 2: (KLIK DI SINI!)
- Kelompok 3: (KLIK DI SINI!)
- Kelompok 4: (KLIK DI SINI!)
- Peserta didik mempresentasikan hasil dikusi kelompoknya dengan teman-teman kelompok lain.
- Kegiatan diskusi dipandu oleh guru.
- Soal pilihan ganda (KLIK DI SINI!)
M. Kegiatan Refleksi Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, masing-masing peserta didik diminta untuk menyampaikan (up-load) materi dan pengalaman baru apa saja yang telah didapatkan maupun dipahami dari adanya pertemuan pembelajaran kali ini! (KLIK DI SINI!)
N. Kegiatan Pengumpulan Tugas
Setelah peserta didik selesai mengerjakan tugas (individu maupun kelompok), silahkan unggah hasil pekerjaan kalian, sesuai batas waktu maksimal yang telah ditentukan oleh guru.
- Unggah tugas : (KLIK DI SINI!)
O. Materi Pertemuan yang Akan Datang
Untuk materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, dapat dilihat pada halaman "Katalog Materi Pembelajaran": (KLIK DI SINI!)
No comments:
Post a Comment